Thu. Feb 2nd, 2023

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menginginkan investasi perusahaan China di Indonesia dapat memberi dampak positif pada pelaku usaha Tanah Air. Analisis Kebijakan Kemendag Immanuel Lingga berujar kini China sedang memiliki pertumbuhan yang tinggi pada sisi tekonologinya. Hal itu diharapkan oleh Lingga dapat dirasakan oleh pelaku usaha di Indonesia melalui investasi yang dilakukan oleh perusahaan China.

"Kita melihat sekarang China sedang membangun teknologi mereka dalam pertumbuhan beberapa terakhir ini. Kami harapkan terjadi spillover (ke pelaku usaha Indonesia)," katanya ketika ditemui saat acara China (Jinhua) Indonesia Economic Trade Fair di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (12/12/2022). Ia ingin teknologi yang masuk melalui investasi tersebut mampu berdampak positif bagi pelaku usaha di Indonesia. Nantinya dampak tersebut dapatmenekan biaya produksi, serta mendiversifikasi produk menjadi lebih beragam.

"Bisa mendiversifikasi produk menjadi lebih beragam dan juga lebih ramah lingkungan," ujar Lingga. Kemendag juga turut berperan dalam mempertemukan dua pelaku usaha antar negara. Lingga mengatakan pihaknya kerap memfasilitasi melalui promosi dagang, misi dagang, dan sederet fasilitas perdagangan lainnya.

"Lalu, membuat wilayah wilayah khusus agar kegiatan ekspor dan impor, baik itu produk jadi atau bahan baku, bisa lebih cepat (transaksinya)," katanya. Sebagi informasi, hubungan bilateral perdagangan Indonesa China tumbuh hingga 58,6 persen pada 2021 dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 124,4 triliun US Dollar. Ekspor China tumbuh 48,1 persen ke 60,7 triliun dolar AS dan impor mencapai 70,1 persen dengan nilai 63,8 triliun dolar AS.

Adanya Jinhua China Indonesia Economic and Trade Fair ini merupakan upaya pemerintah regional Jinhua membuka kerjasama ekonomi perdagangan di Indonesia. Jinhua merupakan kota yang berada di propinsi Zhejiang di timur Tiongkok. Jinhua memproduksi produk mulai dari art giftware, aksesoris dan sparepart, produk dan material kimia, hardware, dan lain lain.

Pada kesempatan ini, pemerintah kota Jinhua yang didukung juga oleh Kedutaan Tiongkok untuk Indonesia bersama perwakilan 25 industri baik kosmetik, plastik, transmisi, hardware, dari Jinhua melakukan business to business meeting bersama pelaku industri dalam negeri dengan sektor yang linier.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *