Kulit merupakan bagian tubuh yang sangat sensitif, maka tidak heran jika sering mengalami alergi atau iritasi. Muncul bintik merah pada kulit bisa disebabkan oleh perkembangan jamur yang tidak terkendali dan kondisi medis. Bebarapa penyakit tertentu memang dapat menyerang dan merupakan lapisan kulit, hal ini terjadi karena imunitas tubuh yang lemah.

Sementara itu awalnya bintik merah tidak akan langsung muncul, ada gejala awal yang terlihat seperti perubahan warna kulit. Namun anda tidak perlu khawatir karena hanya perlu mengatasinya agar tidak menyebar pda bagian tubuh lainnya. Pada kali ini akan diulas mengenai  penyebab muncul bintik merah pada kulit beserta cara mengatasinya.

Penyebab Muncul Bintik Merah pada Kulit

Pityriasis rosea

Penyebab munculnya bintik merah pada kulit adalah Pityriasis rosea. Gejala awal yang perlu anda ketahui sebelum munculnya bercak kemerahan yaitu penurunan nafsu makan, timbul demam, nyeri sendi, nyeri tenggorokan dan sakit kepala. Apabila anda mengalami gejala seperti ini harus waspada dan menjaga kebersihan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Kondisi ini akan membuat bagian kulit seperti leher, perut, punggung, dada, lengan atas dan paha akan menimbulkan kemerahan berbentuk oval. Meski penyebab Pityriasis rosea masih belum diketahui, akan tetapi hal ini berkaitan dengan infeksi virus. Penderitanya juga harus bersabar karena penyakit ini bisa sembuh sendiri dalam waktu 6-8 minggu.

Memang cukup lama untuk menunggu sembuh dengan sendirinya, namun tidak ada salahnya jika anda menurunkan gejalanya terlebih dahulu. Gunakanlah salep kortikosteroid, krim pelembab dan tablet antihistamin untuk meredakan gatal. Sehingga selama proses penyembuhan anda tidak akan terlalu menderita akibat rasa gatal yang berlebihan.

Tinea

Infeksi jamur merupakan kondisi yang dapat menyebar dan menular. Kondisi ini  akan meluas pada bagian tubuh lainnya seperti kulit kepala, sekitar ketiak, selangkangan, di bawah payudara hingga kaki. Gejala awal biasanya disertai dengan kulit yang tampak bersisik dan menebal, munculnya rasa gatal, dan timbulnya luka pada permukan kulit.

Seperti yang telah anda ketahui bahwa tinea disebabkan oleh infeksi jamur, maka untuk mengatasinya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan krim antijamur dan mengonsumsi obat antijamur yang sesuai dengan resep anjuran dokter.

Cara Mengatasi Bintik Merah pada Kulit

Gunakan salep antijamur

Pada dasarnya munculnya bintik merah pada kulit disebabkan oleh perkembangan jamur yang tidak terkendali. Sehingga bukan malah membuat kekebalan tubuh meningkat, namun menyebabkan masalah kulit. Sebenarnya anda tidak perlu khawatir meskipun kondisi ini cukup mengganggu, akan tetapi cara mengatasinya cukup mudah yaitu menggunakan salep antijamur.

Anda hanya perlu mengoleskan salep antijamur pada bagian kulit yang mengalami bintik merah. Mengoleskan salep antijamur bertujuan untuk mencegah penyebarannya agar tidak menular pada bagian tubuh lainnya dengan cara membunuh jamur.

Terapkan kompres dingin

Jika munculnya bintik merah disebabkan oleh gigitan serangga, maka anda tidak perlu menggunakan obat-obatan. Kompreskan air dingin pada bagian tubuh yang terkena gigitan serangga. Cara ini cukup efektif karena dapat menenangkan kulit yang mengalami peradangan, setelah beberapa saat peradangan serta rasa gatal pada kulit akan mereda.

Menjaga kebersihan tubuh memang sangat penting, selain membuat tubuh menjadi lebih fresh dan bugar. Mandi secara teratur setelah melakukan aktivitas akan dapat mencegah munculnya penyakit kulit seperti bintik merah. Gunakanlah sabun cair Lifebuoy agar hasilnya lebih maksimal, sebab produk tersebut memiliki kandungan green tea dan aloe vera.

 

 

 

 

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *